Monday, June 20, 2016

BUMN Center of Excellence Resmi Berdiri


Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/5). Menteri BUMN Rini M Soemarno beserta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad menghadiri sekaligus meresmikan Universitas Padjadjaran-BUMN Center Of Excellence (Unpad-BCE).

Unpad-BCE merupakan kerjasama antara Kementerian BUMN bersama perguruan tinggi dalam rangka memberikan inspirasi, mendorong inovasi, dan memberi pemikiran strategis dalam rangka pengembangan BUMN melalui kolaborasi lintas sektor, kerjasama pembelajaran dan pengkajian.

Pendirian Unpad-BCE sendiri memiliki peran penting untuk penguatan kelembagaan BUMN di Indonesia, dimana penguatan kelembagaan milik pemerintah ini membutuhkan keterlibatan banyak pihak, salah satunya ialah peran akademisi guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi melalui sudut pandang keilmuan.

Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad dalam sambutannya mengatakan, setidaknya ada tiga aspek yang dibutuhkan BUMN saat ini, yaitu aspek pengkajian, pengembangan SDM dan kolaborasi.“Melalui aspek pengkajian, pengembangan SDM dan kolaborasi, Unpad-BCE diharapkan dapat mendorong terciptanya BUMN yang mampu menjadi engine of growth bagi perekonomian Indonesia,” ujar Tri Hanggono Achmad Rektor Unpad.

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyambut baik pendirian Unpad-BCE sebagai Pusat Pengembangan Keunggulan BUMN untuk menciptakan daya saing global dan program ini merupakan bentuk sinergi yang selaras dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri.