Friday, January 22, 2016

Jokowi Luncurkan Program Investasi Tahap III

via BeritaTelisik.com - Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja Tahap III

Presiden RI Joko Widodo secara resmi meluncurkan “Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja” tahap III untuk wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua yang akan menyerap keseluruhan 11.727 tenaga kerja, di Wonogiri, Jawa Tengah, Jum’at (22/1). Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian pabrik PT Nesia Pan Pacific Clothing dan peresmian Akademi Komunitas Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan bahwa kehadiran Presiden Jokowi untuk meresmikan program penyerapan tenaga kerja tersebut membuktikan komitmen pemerintah dalam mendukung program-program penciptaan lapangan kerja. “Kegiatan ini merupakan salah program dalam tema besar investasi untuk rakyat yang bertujuan memaksimalkan pemanfaatan investasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Franky menjelaskan, dalam tahap III ini, BKPM akan melibatkan 10 perusahaan di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua yang terdiri 8 PMA dan 2 PMDN dengan total rencana investasi sebesar Rp 12,50 triliun yang telah terealisasi sebesar Rp 5,49 triliun, serta rencana ekspor sebesar USD 471 juta. Kesepuluh perusahaan tersebut rencana penyerapan tenaga kerja total sebesar 11.727 orang untuk periode 2015-2019. “Apabila melihat angka khusus periode tahun 2015-2016 tercatat 10 perusahaan tersebut melakukan akan rekrutmen untuk 7.232 orang tenaga kerja,” paparnya.